bahan ajar TIK

STANDAR KOMPETENSI   :  Siswa memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan   prospeknya dimasa mendatang.

KOMPETENSI DASAR        :  Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.


Pendahuluan

Kita pasti sering mendengar kata-kata teknologi informasi dan komunikasi. Dan mungkin ada diantara kita yang tahu apa arti dari teknologi informasi dan komunikasi itu. Dalam kehidupan kita sehari-hari tidak lepas dari penggunaan alat-alat tersebut.

Terdapat dua komponen penting dari teknologi informasi dan komunikasi yang tidak dapat dipisahkan, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Karena dalam berkomunikasi ada informasi yang tersampaikan.

Perpaduan antara komunikasi dan teknologi informasi telah mendorong terjadinya perubahan-perubahan penting di berbagai sudut dunia. Misalnya telepon, terutama telepon genggam telah mengubah bagaimana cara orang-orang berkomunikasi.

Di zaman sekarang ini, bisa kita membayangkan seandainya tidak ada alat-alat yang bisa membantu kita untuk berkomunikasi atau bertukar informasi, seperti surat kabar, radio, televisi, internet dan lain-lainnya, bisa dikatakan kita akan ketinggalan informasi yang selalu mengalir setiap saat.

Oleh karena itu melalui modul ini kita bisa belajar mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Semoga modul ini bisa membantu dalam mencapai tujuan yang terdapat pada kompetensi dasar untuk materi ini.

Uraian

I.     Teknologi Informasi dan Komunikasi

A.      Teknologi

Pernahkah kalian melakukan pekerjaan yang berat ?, pasti kalian membutuhkan suatu alat yang dapat membantu mempermudah atau mempercepat untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Suatu contoh, ada beberapa cara untuk menjangkau tempat yang berjarak 2 km : berjalan kaki, mengendarai sepeda, mengendarai sepeda motor, atau mengendarai mobil. Dari cara-cara tersebut jelas mengendarai kendaraan akan lebih cepat, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, untuk mengendarai kendaraan, memerlukan keahlian khusus, kemudian perlu surat izin mengemudi, dan ada beberapa perlengkapan lainnya. Itulah gambaran sekilas tentang teknologi.

Jadi teknologi itu adalah hasil rekayasa manusia yang digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan segala tugasnya dengan lebih cepat dan mudah.

B.      Informasi

Kita mengetahui suatu hal dari sebuah informasi, kita bisa mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar karena kita juga memiliki informasi, bahkan kita bisa menarik suatu kesimpulan dari data-data yang berhasil kita kumpulkan, selanjutnya kesimpulan itu bisa menjadi sebuah informasi. Jadi data merupakan fakta/kejadian yang sebenarnya yang jika diolah bisa menjadi sebuah informasi.

Sedangkan Informasi adalah data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menjadikan sebuah ilmu pengetahuan serta memberikan arti dan manfaat kepada seseorang yang mengumpulkan data tersebut, dan informasi juga dapat digunakan untuk menentukan suatu keputusan atau kebijakan.

C.       Komunikasi

Setiap mahluk hidup pasti akan berkomunikasi untuk menyampaikan pesan dalam interaksi hidup sehari-hari, dengan berbagai macam cara. Khusus pada manusia komunikasi bisa berupa sinyal, tulisan/symbol, gesture/bahasa tubuh, dan berbicara.

Komunikasi adalah serangkaian proses perpindahan informasi dari pengirim/pembicara kepada penerima/pendengar baik secara langsung atau tidak langsung dan membawa dampak.

Gambar 1.  Proses Komunikasi

Dari ketiga poin (teknologi, informasi, dan komunikasi) dapat kita padukan bahwa teknologi informasi dan komunikasi itu adalah hasil rekayasa manusia yang digunakan untuk proses pertukaran pesan dari pengirim kepada penerima dengan memberikan dampak. teknologi informasi dan komunikasi dapat juga diartikan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

II.  Dua komponen penting dari Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan suatu informasi. Teknologi informasi juga merupakan bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pada banyak orang mulai dari yang berbentuk cetakan seperti buku, surat kabar, majalah, hingga telekomunikasi  yang berbentuk suara seperti : kaset, video, televisi, dan CD.

Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyampaian suatu informasi dari pengirim informasi ke penerima informasi.

III.  Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peralatan teknologi informasi dan komunikasi adalah peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengelola dan menyampaikan pesan atau informasi kepada penerima sehingga pesan atau informasi tersebut dapat memberikan manfaat kepada penerima, berikut ini akan dibahas beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi, yaitu :

A. Telepon

1. Pengertian telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada than 1876. Dan pada tanggal  3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau HP (hand phone), yang semakin lama semakin maju baik dari ukuran, bentuk dan fitur-fitur yang ditawarkan semakin bervariasi dan menarik, mulai dari camera, radio FM, pemutar MP3, Video, dan berbagai macam game yang menarik.

Gambar 2  Telepon

2. Manfaat dan fungsi telepon

Dengan telepon kita dapat berkomunikasi melalui lisan dengan orang yang berjarak jauh. Sehingga mempermudah kita untuk menghubungi atau menyampaikan informasi tanpa harus melihat orang tersebut. Namun kecangihan teknologi menambah fungsi telepon yang asalnya kita tidak bisa melihat orang yang kita hubungi menjadi bisa kita lihat orang-orang yang kita hubungi dengan fasilitas 3G.

Gambar 3 Telepon genggam (HP)

B. Faximile

1. Pengertian faxsimile

Faximile berasal dari kata facsimile yang berarti menyalin sama persis dengan aslinya. Jadi faximile adalah alat yang dapat menyalin isi dari lembar dokumen sama persis dengan aslinya melalui media kabel telepon. Dokumen text atau gambar yang kita masukkan kedalam mesin fax direkam kemudian disalin ke dalam bentuk dukumen text atau gambar yang sama seperti aslinya ke nomer mesin fax yang kita tuju. Pada dasarnya bentuk mesin fax hampir sama dengan mesin telepon.

Prinsip kerja mesin fax yaitu : masukkan lembar dokumen atau gambar yang akan kita kirim ke bagian feeder di mesin fax, kemudian tekan nomer fax yang dituju maka setelah dokumen atau gambar direkam oleh mesin fax, lembar tersebut akan keluar lagi sedangkan isi dari  lembar tersebut akan terkirim ke nomer tujuan. Mesin fax penerima harus sudah siap dengan kertas yang akan mencetak dokumen atau gambar yang kita kirim.

Gambar  4 Mesin faximile

2. Manfaat dan fungsi faxsimile

Pada mulanya mesin fax hanya dapat menerima dan mengirim isi dari dokumen atau gambar. Namun perkembangan teknologi menghasilkan mesin fax dengan multi fungsi misalnya mentransfer data dari fax ke komputer atau sebaliknya mencetak dokumen atau gambar dari komputer ke mesin fax, mengkopi dukumen secara langsung lanyaknya mesin foto copy dan fitur telepon.

C. Koran (surat kabar)

1. Pengertian koran

Media cetak yang biasanya terbit harian, didalamnya berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM, yaitu kaisar Julius Caesar yang bertajuk “Acta Diurna”. Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit petama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolur dengan tajuk “Relation” Koran tertua di dunia yang saat ini adalah “Post-Och Inrikes Tidningar” dari Swedia yang pertama kali terbit pada tahun 1645. Pada masa sekarang Koran tidak hanya terbit dalam bentuk cetakan tetapi ada juga bentuk on linenya di internet.bahkan kita bisa memilih tanggal terbitnya surat kabar tersebut.

Gambar 5. Surat kabar (Koran)

2. Manfaat dan fungsi Koran

Sebagai media penyampaian informasi harian secara tercetak pada beberapa lembar kertas. Biasanya dicetak pada kertas dengan harga ekonomis yang rendah sehingga tidak terlalu riskan jika harus dibuang atau dijadikan pembungkus setelah informasi yang ada telah diterima.

D. Radio

1. Pengertian radio

Radio merupakan alat komunikasi yang dapat melakukan pengiriman sinyal melalui gelombang elektromagnetic. Gelombang ini merambat melalui media udara. Yang sangat umum kita kenal adanya radio AM (Amplitude Modulation) dan FM (Frequency Modulation), radio FM mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan radio AM, frekwensi pada radio FM berkisar antara 88-108 MHZ, frekwensi ini relative aman dari segi gangguan noise yang tidak diharapkan sehingga kualitas suara radio FM lebih jernih bahkan stereo.

2. Manfaat dan fungsi radio

Ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat, radio masih digunakan untuk penyebaran informasi, pertukaran informasi dan diskusi. Peran Radio juga sangat penting sekali pada operasi pesawat terbang, kapal-kapal, astronot, polisi dan lain sebagainya. Pada intinya radio dapat mengirim dan menerima suara pada jarak yang relative jauh dengan harga ekonomis yang murah.

Gambar 6. Radio

E. Televisi

1. Pengertian Televisi

Alat teknologi informasi dan komunikasi ini boleh dikatakan yang paling populer di kalangan masyarakat. Hampir disetiap rumah tangga, toko-toko, kantor/instansi-instansi dilengkapi dengan televisi selain harganya terjangkau juga lebih menarik dari pada radio. Karena televisi merupakan alat  penangkap siaran audio visual (suara dan gambar). Berasal dari kata tele dan vision yang artinya melihat dari jarak jauh. Diciptakan oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Dalam perkembangannya televisi terus berkembang dari TV hitam putih hingga TV colour, dari layar cembung hingga layar datar dan dalam bentuk LCD yang tipis.

Untuk daerah yang tidak terjangkau oleh siaran televisi, ada sebuah terobosan baru dari PT. Telekomunikasi Indonesia yaitu dengan menghadirkan TV kabel yang cukup murah dan mudah.

Gambar 7. Televisi

2. Manfaat dan fungsi televisi

Pada intinya Televisi berfungsi sebagai media alat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menyajikan suara dan gambar. dewasa ini pemanfaatan televisi banyak sekali misalnya diberbagai macam kegiatan, bisnis, dan lain-lain.

F. Komputer

1. Pengertian Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Inggris “computer” yang artinya alat penghitung. Pada awalnya komputer berfungsi hanya sebagai alat penghitung, kemudian sesuai dengan tututan zaman yang menjadikan komputer sebagai alat multimedia. Komputer merupakan satu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama, dapat melakukan serangkaian pekerjan secara otomatis melalui instruksi / program yang diberikan kepada komputer, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.

2. Manfaat dan fungsi Komputer

Komputer sebagai produk teknologi memiliki keunggulan antara lain : (1) Mampu berakses dengan cepat dan tepat, (2) menghasilkan informasi dari data yang lampau, (3) mampu memproses data yang sangat besar menjadi informasi, (4) mampu menyimpan data yang sangat banyak (sampai giga byte), (5) mampu melakukan importing dan eksporting data yang dirangcang secara khusus.

Semua keunggulan komputer tidak lepas dari ketiga komponen yang terdiri dari brainware (user), perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) merupakan satu sistem yang tidak dapat dipisahkan  untuk mencapai fungsi komputer sebagai produk teknologi canggih. Hardware sebagai komponen-komponen fisik dari sistem komputer bekerja secara barsama-sama dengan unsur lainnya ketiga komponen tersebut akan melakukan proses input data, processing dan output yang berupa produk informasi.

3. Komponen-komponen komputer

komponen dasar yang terdapat pada sistem komputer, terdiri dari :

  1. Hardware (perangkat keras)
  2. Software (perangkat lunak)
  3. Brainware (user, operator, administrator)

1.  Hardware (perangkat keras)

Hardware adalah perangkat yang ada pada sistem komputer, terdiri dari :

  1. Alat input : Keyboard, mouse dll,
  2. Alat proses : CPU (Central Processing Unit)
  3. Alat output : Monitor, Printer, Speaker.

2.  Software (perangkat lunak)

Software adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang ditulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh hardware omputer.

Jenis software adalah sebagai berikut :

  • Software operating sistem digunakan untuk :

1)        Interpreter : menterjemahkan perintah software aplikasi sehingga dimengerti oleh hardware.

2)        Configurasi hardware : mengenal pheriperal (peralatan pendukung komputer).

3)        Management file : pengelolaan file (data/program).

  • Software aplikasi digunakan untuk :

1)        Mengolah data elektronik.

2)        Software untuk pengolahan kata (Microsoft Word)

3)        Software untuk pengolahan angka (Microsoft Excel)

4)        Software untuk pengolahan data statistik

  • Software untuk pengolahan database

1)        Software untuk menggambar teknik (Auto Cad)

2)        Software untuk pengolahan gambar (Photoshop)

3)        Software bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi sendiri, dll

Pilih program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan/tututan pekerjaan yang dihadapi, kita harus mengenali jenis data yang akan kita olah kemudian menentukan program aplikasi yang sesuai.

3.   Brainware (user, operator, administrator)

  1. User/operator : orang yang mampu mengoperasikan komputer.
  2. Administrator : orang yang mengatur/merancang sistem kerja, urutan kerja, pengelolaan data sampai dengan Output.

4. Fungsi-fungsi dasar komponen komputer

Pada dasarnya fungsi dasar komputer itu dibagi menjadi 3, yaitu :

1.  Input

a. Pengertian

Input/masukan data dimaksud untuk mengubah suatu data dari sumber dokumen kedalam suatu bentuk yang dapat diterima di dalam komputer.

b. Fungsi

Memasukkan data dan program yang akan diproses ke dalam komputer, menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer (yaitu kode bit/binary digit), kemudian mengirim data yang sudah berbentuk bit ke dalam storage/media penyimpanan.

c. Bentuk fisik

Dapat berupa cassette, floppy drive, floppy disk, magnetic tape magnetic disk, punched card, sound card, dll. Alat-alat untuk membantu inpt data misalnya keyboard, mouse, dan disk drive.

d. Spesifikasi penggunaan alat

1)      Papan ketik (keyboard)

Keyboard yaitu suatu peralatan masukan yang menyerupai masin ketik atau merupakan alat untuk memasukan data/member perintah kepada komputer.

Gambar 8 papan ketik (Keyboard)

2)      Mouse

Alat untuk menempatkan insertion point/cursor dengan cepat pada teks/naskah, dan digunakan juga untuk memilih icon-icon/memilih menu menjalankan perintah-perintah.

Gambar 9 Mouse

2.   Proses

Merupakan instruksi/perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika dilakukan pada data. Pemrosesan data dikerjakan oleh CPU hasil dan pemrosesan disimpan di media penyimpanan data.

Central Processing Unit (CPU)

1)        Pengertian

Sebagai proses analogi terhadap proses ini,maka kita mengenal proses komputer tidak ubahnya pada manusia adalah sebagai otaknya untuk mengolah data yang disebut unit pusat pengolahan/central processing unit (CPU),setelah mendapat perintah dari user yang dibantu oleh keyboard dan mouse.

Gambar 10 central processing unit (CPU)

2)        Komponen-komponen CPU

Komponen-komponen CPU antara lain sebagai berikut :

a)        Arithmatic logical unit (ALU) berfungsi melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika.

b)        Storage berfungsi untuk menyimpan program dan data yang meliputi internal storage/primary storage dan external storage/secondary storage.

c)        Control Unit berfungsi mengatur proses kerja komputer, baik proses kerja di dalam CPUsendiri maupun didalam hubungannya dengan input/output/device. Bagian ini mengatur dan mengendalikan proses agar komputer bekerja secara benar dan tepat.

3)        Fungsi CPU sebagai jantung sekaligus otak komputer, dan pusat kendali dari sistem komputer.

3.  Output

Merupakan peralatan keluaran hasil dari proses data, hasil tersebut dapat dibaca melalui layar komputer (monitor) ataupun melalui kertas printer dan sebagainya.

a. Jenis Monitor

1)   Monitor monochrome : warna monitor hanya satu (hijau, orange atau putih).

2)   Monitor CGA (colour graphics adapter : 4 sampai  16 warna.

3)   Monitor EGA (enhanced graphics adapter) : 16 sampai 64 warna.

4)   Monitor VGA (video graphics adapter) : 256 warna atau lebih.

Gambar 11 Monitor

b. Jenis Printer

1)   Printer DOT MATRIX : terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk menciptakan pola titik-titik kecil atau persegi, yang bergabung untuk membentuk garafis atau teks.

2)   Printer DAISY WHEEL : printer ini memiliki huruf dan angka yang dan tersusun pada roda, roda berputar sampai huruf siap dipukulkan pada pita bertinta.

3)   Printer INK JET : printer ini mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta ke kertas.

Gambar 12 Printer

5. Media penyimpanan data

a. Pengetian

Tempat untuk menyimpan sejumlah data hasil dari input disebut dengan media simpan elektronik dalam bahasa komputer disebut drive.

b. Media penyimpanan

Meliputi internal storage/primary storage dan external storage/secondary storage.

1)        Internal Storage (Primary Storage)

Storage yang langsung berhubungan dengan CPU, yang terdiri dari memory utama/main storage, control register, buffer, general register, ROM dan RAM, memory utama termasuk jenis media penyimpanan elektronik.

2)        External Storage (Secondary Storage)

Storage yang dapat menyimpan data secara permanen, data tidak hilang ketika komputer dimatikan. Yang termasuk di dalam external storage adalah sebagai berikut :

a) Magnetic disk

b) Magnetic tape

c) Hard disk

d) CD-ROM (jenis optical disk)

e) DVD

c. Tipe dan kemampuan media penyimpanan data

1) Hard disk

Jenis piringan magnetik metal yang dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik, dan memiliki kapasitas besar, hingga saat ini yang beredar dipasaran berkisar antara 80 sampai 250 GB (giga byte).

1 GB                = 1.000 MB (mega byte)

1 MB               = 1.000 KB (kilo byte)

1 KB                 = 1.000 B (byte)

2) Floppy disk

Piringan magnetik biasanya digunakan untuk menyimpan menyimpan data dalam kapasitas kecil yaitu maksimal 1,44 MB.

Gambar 13 Floppy Disk

3) Piringan optic

Piringan yang dapat menampung data sekitar 640 MB (kira-kira 300.000 halaman teks)

Gambar 14 Piringan Optic

6. Penggolongan Komputer

Berdasarkan bentuk fisiknya computer dapat di bedakan menjadi ;

a. Mainframe

Disebut juga sebagai supercomputer yang sangat canggih karena dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus meskipun berbeda-beda program. Computer ini memiliki ukuran yang sangat besar dengan ribuan prosesor didalamnya sehingga perlu ruang khusus untuk menyimpannya. Biasanya digunakan untuk pekerjaan proyek seperti mendesign pesawat terbang, menangani data-data yang ada di bank, penelitian-penelitian di laboratorium, pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar dan lain sebagainya.

Gambar  15. Mainframe

b. Minicomputer

Adalah bentuk mini dari mainframe, biasanya digunakan sebagai antar muka atau sebagai computer penghubung dengan mainframe, tetapi dalam perkembangannya minicomputer ini sudah jarang digunakan dan diganti dengan personal komputer.

Gambar  16. Minicomputer

c. Personal computer

Personal computer (PC) disebut juga microcomputer, biasanya digunakan oleh satu pengguna saja dan berukuran relative kecil. Terdiri dari : monitor, Central Processing Unit (CPU), keyboard, mouse, dan printer.

Fungsi dari PC ini berbeda –beda sesuai dengan program yang ada dan penggunaannya, biasanya untuk membuat dokumen, design grafis, mengolah data, atau merekap harga-harga barang yang biasanya digunakan di super market/mini market.

Gambar 17.  Perangkat Komputer

d. Komputer portable

Komputer ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada PC sehingga dapat dibawa kemana-mana. Biasanya digunakan oleh para bisnisman atau orang yang sering bepergian dan memerlukan data untuk dikerjakan di tempat-tempat tersebut. Adapun yang termasuk dalam komputer portable ini adalah :

1)        Notebook adalah komputer yang berukuran kecil dengan monitor, CPU, keyboard, dan mouse terpasang menjadi satu, lebar antara 10 – 15 inchi, tebal antara 1,5 – 2 inchi, berat antara 1 – 5 Kg.

Gambar  19. Notebook

2)        Subnotebook adalah komputer yang berukuran lebih kecil dari pada notebook dengan lebar kisaran 8 inchi dan berat kisaran 0,8 Kg.

3)        Palmtop merupakan komputer yang mempunyai ukuran sangat kecil, disebut juga handheld computer karena palmtop ini seukuran telapak tangan orang dewasa. Akan tetapi palmtop mempunyai kekurangan-kekurangan yaitu keyboard dan monitor terlalu kecil dan kemampuanya kurang lengkap dibandingkan notebook.

Gambar  20. Palmtop

7. Internet

Merupakan salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang paling maju saat ini. Berawal dari teknologi jaringan komputer lokal hingga menjangkau jaringan internasional. Berbagai macam informasi tersedia di internet. Dengan internet juga memungkinkan orang-orang di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dengan cepat dan murah.

Gambar  21. Contoh tampilan pada internet

Rangkuman

  • Teknologi Informasi dan Komunikasi itu adalah hasil rekayasa manusia yang digunakan untuk proses pertukaran pesan dari pengirim kepada penerima dengan memberikan dampak. teknologi informasi dan komunikasi dapat juga diartikan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.
  • Dua komponen penting dari Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan suatu informasi atau pesan.
  2. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyampaian suatu informasi dari pengirim informasi ke penerima informasi.
  • Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik.

2. Faximile alat yang dapat menyalin isi dari lembar dokumen sama persis dengan aslinya melalui media kabel telepon.

3. Koran (surat kabar) Media cetak yang biasanya terbit harian, didalamnya berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.

4. Radio merupakan alat komunikasi yang dapat melakukan pengiriman sinyal melalui gelombang elektromagnetic.

5. Televisi merupakan alat  penangkap siaran audio visual (suara dan gambar).

6. Komputer merupakan satu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama, dapat melakukan serangkaian pekerjan secara otomatis melalui instruksi / program yang diberikan kepada komputer, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.

Soal Latihan

Pilihlah jawaban a,b,c dan d yang dianggap paling benar !

1. Data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menjadikan sebuah ilmu pengetahuan serta memberikan arti dan manfaat kepada seseorang yang mengumpulkan data tersebut disebut ….

a. Informasi

b. Komunikasi

c. Teknologi komunikasi

d. Teknologi informasi

2. Serangkaian proses perpindahan informasi dari pengirim/pembicara kepada penerima/pendengar baik secara langsung atau tidak langsung dan membawa dampak disebut ….

a. Informasi

b. Komunikasi

c. Teknologi komunikasi

d. Teknologi informasi

3. Komputer berasal dari kata “to compute” yang berarti ….

a. Menulis

b. Membaca

c. Menghitung

d. Menebak

4. Sebuah terobosan baru dari PT. Telekomunikasi Indonesia untuk memfasilitasi daerah yang tidak terjangkau oleh siaran televisi, yaitu dengan menghadirkan ….

a. TV wireless

b. TV kabel

c. TV telekomunikasi

d. TV antenna

5. Dibawah ini adalah jenis alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kecuali ….

a. Kendaraan

b. Hand Phone

c. Palmtop

d. Buletin

6. Notebook adalah tergolong pada jenis komputer ….

a. Mainframe

b. Minicomputer

c. Personal Computer

d. Computer Portable

7. Mesin fax mengirimkan pesan melalui media ….

a. internet

b. wireless

c. Kabel Telepon

d. Kabel Jaringan

8. Yang bukan merupakan kelebihan dari radio FM dibandingkan dengan radio AM adalah ….

a. Suara yang dihasilkan lebih berkualitas

b. Mempunyai panjang gelombang lebih besar

c. Lebih tahan terhadap cuaca buruk

d. Dapat mengirimkan suara stereo

9. Komputer yang biasanya digunakan untuk pekerjaan proyek dalam skala besar adalah ….

a. Minicomputer

b. Supercomputer

c. Microcomputer

d. Handheld computer

10. Sebuah fasilitas dari komputer dimana kita dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan orang-orang diseluruh dunia yaitu ….

a. hardware

b. software

c. brainware

d. Internet


Balikan dan tindak lanjut

Cocokanlah jawaban dengan kunci jawaban yang ada di akhir Unit ini dan berilah skor dengan ketentuan :

RUMUS NILAI :


KETERANGAN NILAI :

90%       -      100%                                      Baik sekali

80%       -      89%                                        Baik

70%       -      79%                                        Cukup

<     69%                                                         Kurang

DISARANKAN :

  • Siswa yang mendapat nilai 80% atau lebih, silahkan melanjutkan ke kegiatan belajar selanjutnya.
  • Siswa yang mendapat nilai dibawah 80%, silahkan mengulang kegiatan belajar unit ini.

Kunci jawaban

  1. A
  2. B
  3. C
  4. B
  5. A
  6. D
  7. C
  8. B
  9. B
  10. D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: